-->

Jumat, 25 Januari 2019

author photo
Bentuk Fisik LCD


Semoga ini dapat dijadikan referensi bagi yang sedang mengerjakan laporan. Disini saya akan berbagi ilmu sedikit tentang LCD, mengapa kok sedikit? "karena Saya banyak gak taunya hehehee". 

LCD merupakan singkatan dari (Liquid Cristal Display), merupakan salah satu jenis display elektronik yang dibuat menggunakan teknologi CMOS logic yang bekerja dengan tidak menghasilkan cahaya namun memantulkan cahaya yang ada disekeliingnya terhadap front-lit atau mentransmisikan cahaya dari back-lit. LCD berfungsi sebagai penampil data baik dalam bentuk huruf, angka, karakter ataupun grafik. 

Matrial LCD
LCD dibuat dari lapisan campuran organik antara lapisan kaca bening dengan elektroda transparan indium oksida dalam bentuk tampilan seven segment dan lapisan elektroda pada kaca belakang. Ketika elektroda diaktifkan dengan medan listrik (tegangan), molekul organik yang panjang dan silindris menyesuaikan diri dengan elektroda dari segment. Lapisan sandwich memiliki polarizer cahaya vertikal depan dan polarizer cahaya horizontal belakang yang diikuti dengan lapisan reflektor. Cahaya yang dipantulkan tidak dapat melewati molekul-molekul yang telah menyesuaikan  diri dan segment yang diaktifkan terlihat menjadi gelap dan membentuk karakter data yang ingin ditampilkan.

Pada LCD memiliki mikrokontroler sendiri yang digunakan untuk mengolah sinyal berupa bit-bit data yang kemudian diolah untuk menampikan data informasi baik berupa huruf, angka, kalimat maupun karakter. Selain itu juga terdapat memori didalamnya seperti :

  • CGROM (Character Generator Read Only Memory) yaitu memori yang digunakan untuk menggambarkan pola sebuah karakter dimana pola tersebut merupakan karakter dasar yang sudah ditentukan secara permanen oleh pabrikan pembuat LCD tersebut sehingga pengguna tinggal mangambilnya sesuai alamat memorinya dan tidak dapat merubah karakter dasar yang ada dalam CGROM.
  • CGRAM (Character Generator Random Access Memory) yaitu memori  yang digunakan untuk menggambarkan pola sebuah karakter dimana bentuk dari karakter itu dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan.
  • DDRAM (Display Data Random Access Memory) yaitu memori tempat karakter yang akan ditampilkan.

Tidak hanya memori, namun LCD memiliki beberapa register dan pin-pin sebagai inputan. Berikut adalah register dan pin yang terdapat pada LCD.
Register

  • Register perintah  merupakan sebuah register yang berisi intruksi-intruksi dari mikrokontroler ke panel LCD pada saat proses penulisan data.
  • Register data merupakan register yang digunakan untuk menuliskan atau membaca data dari atau ke DDRAM. Penulisan data pada register akan menempatkan data tersebut ke DDRAM sesuai dengan alamat yang telah diatur sebelumnya.

Pin-pin yang terdapat di LCD

  • Pin data yaitu sebuah pin yang digunakan sebagai jalur untuk mengirimkan data baik berupa huruf, angka, karakter atau grafik utuk ditampilkan pada LCD dengan lebar data sebesar  8 bit.
  • Pin RS (Register Select) berfungsi sebagai indikator atau yang menentukan jenis data yang masuk, apakah data atau perintah. Logika low menunjukan yang masuk adalah perintah, sedangkan logika high menunjukan data.
  • Pin R/W (Read Write) berfungsi sebagai instruksi pada modul jika low tulis data, sedangkan high untuk membaca data.
  • Pin E (Enable) digunakan untuk memegang data baik masuk atau keluar.
  • Pin VLCD berfungsi mengatur kecerahan tampilan (kontras) dimana pin ini dihubungkan dengan trimpot 5 atau 10 Kohm, jika tidak digunakan dihubungkan ke ground dan sumber tegangan yang dibutuhkan oleh LCD yaitu 5 Volt DC (Direct Curent).


Datasheeet dapat diunduh DISINI


Semoga membantu dan bermanfaat ya guys..
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post