-->

Jumat, 25 Januari 2019

author photo

Menghidupkan LED Menggunakan Arduino



Rangkaian LED ke Arduino

Ok Somas (SOhabat maMAS) kali ini kita belajar menghidupkan led menggunakan arduino. Kegunaanya apa, kok hanya menghidupkan led? Jangan meremehkan ya Somas, jika kita belajar dari dasarnya maka kita akan gampang untuk melakukan inovasi maupun modifikasi untuk dapat diterapkan dalam sistem kontrol otomasi. Sebagai contoh lampu lalu lintas yang ada dijalanan itu dasarnya hanya led yang menyala, namun dimodifikasi dengan ditambahkan delay dan hidup bergantian sehingga dapat berfungsi untuk menertibkan lalu lintas. LED merupakan salah satu jenis dari dioda yang memiliki 2 kaki yaitu anoda dan katoda, dimana Anoda adalah kaki + (positif) dan katoda kaki - (negatif). Cara mudah mengetahui kaki positif dan negatif dengan cara melihat kedua kakinya. Kaki yang terpanjang adalah kaki positif dan yang pendek adalah kaki negatif. 

Langsung saja ya Somas kita persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan praktikum ini.
  • 1 buah PC atau sejenisnya 
  • 1 buah Modul Arduino
  • 1 buah Kabel USB arduino to PC
  • 2 buah LED 5mm atau LED 3mm
  • 1 buah Protoboard
  • 2 buah Resistor 100 Ohm

Langkah-langkah :
1. Nyalakan PC kemudian buka aplikasi Arduino IDE (jika belum punya aplikasinya silahkan download DISINI (link Google Drive) atau kunjungi sumbernya DIMARI (arduino.cc).

2. Rangkai LED pada protoboard. Jangan lupa ya Somas untuk merangkai LED kita harus tau mana kaki + (positif) dan mana yang - (negatif), jangan sampai terbalik ya.

3.  Hubungkan kabel dari PC ke Modul Arduino, jangan lupa atur port yang digunakan oleh arduino. Jika belum tau silahkan baca artikel Cara Penggunaan Aplikasi Arduino IDE.

4. Jika sudah selesai, langkah selanjutnya yaitu membuat program untuk menghidupkan LED. Berikut ini adalah contoh program LED sederhana.

//inisialisasi port yang digunakan
int led1 = 2;
int led2 = 3;

void setup (){
Serial.begin(9600);
pinMode(led1, OUTPUT); //mengaktifkan variabel led1 sebagai mode output
pinMode(led2, OUTPUT);
digitalWrite(led1, LOW); //mengatur
digitalWrite(led2, LOW);
}

void loop (){
digitalWrite( led1, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite( led1, LOW);
delay(2000);
digitalWrite(led2, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(led2, LOW);
delay(2000);
digitalWrite(led1, HIGH);
digitalWrite(led2, HIGH);
delay(1000);
digitalWrite(led1, LOW);
digitalWrite(led2, LOW);
delay(1000);
}


SARAN
Jika ingin bisa dalam belajar pemograman, kalian harus mengetikan program tersebut secara manual. Dengan begitu kalian akan mudah hafal dalam pemograman arduino.

Verifikasi terlebih dahulu untuk mengetahui apakah ada yang eror atau tidak. Upload program jika program tidak ada eror. Silahkan baca artikel tentang  Penggunaan Aplikasi Arduino IDE untuk mempermudah dalam penggunaanya.

Untuk mempermudah dalam pembuatan desain rangkaian, disini saya menggunakan aplikasi fritzing, Jika kalian mau mencobaya silahkan kunjungi websitenya DISINI atau dapat di unduh pada link dibawah ini (via google drive).


Semoga membantu dan bermanfaat ya guys.. 
PANGAPUNTEN SEDOYO KELEPATAN NGGEH.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post